5 Ide Kreatif Bikin Perpustakaan Pribadi di Rumah

Mempunyai perpustaan pribadi di rumah merupakan salah satu harapan bagi keluarga, apalagi apabila anggota keluarganya gemar membaca. Bagi Anda yang hobi membaca, pastinya memiliki banyak koleksi buku-buku di rumah. Semakin lama koleksi buku dirumah semakin banyak dan Anda akan membutuhkan ruang untuk menyimpannya.

Masalahnya, tidak semua orang punya ruang perpustakaan pirbadi di rumah. Sebaliknya, membiarkan buku-buku itu berserakan di sembarang tempat akan membuat rusak dan menjadikan rumah Anda terlihat sumpek dan berantakan.  Namun tidak perlu khawatir, meskipun tak memiliki ruang perputakaan pribadi, berikut enam ide yang dapat Anda maksimalkan sebagai tempat untuk menyimpan buku:

 

1. Simpan buku di bawah bangku

Selain sebagai tempat duduk, bangku yang biasa Anda gunakan juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan buku. Caranya gunakan ruang di bawah bangku yang kosong sebagai tempat menyimpan buku. Atau Anda juga dapat membeli model bangku dengan bentuk seperti boks yang di dalamnya terdapat ruang penyimpanan.

2. Gunakan buku sebagai dekorasi

Koleksi buku yang Anda miliki sebenarnya dapat menjadi dekorasi di tempat-tempat strategis. Misalnya di meja kamar tidur, rak terbuka di ruang tamu hingga ruang kosong di bawah meja, atau bahkan di bawah lemari TV. Dengan Anda meyimpan buku di tempat-tempat strategis juga akan menambah keindahan rumah.

3. Simpan buku di bawah tangga

Selanjutnya Anda juga dapat memilih ruang di bawah tangga sebagai tempat untuk menyimpan buku. Bawah tangga mernjadi ruang yang jarang digunakan namun memiliki posisi yang sangat strategis. Tak hanya akses dan jangkauannya yang mudah, dengan menyimpan buku di ruang bawah tangga juga artinya Anda telah memaksimalkan setiap sudut ruang di rumah. Besaran ruang di bawah tangga ini jelas sangat variatif. Ada yang berukuran besar dan berukuran kecil. Anda dapat menyesuaikan buku-buku yang di simpan di ruang bawah tangga.

4. Simpan buku di bawah tempat tidur

Ruang di bawah tempat tidur juga dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan buku. Terlebih bagi Anda yang memiliki kasur dengan ukuran lebar atau double standard. Caranya Anda dapat menyesuaikan tempat tidur untuk membuat ruang penyimpanan buku tambahan di bawahnya. Namun jika tidak mau ribet, Anda dapat secara langsung menyimpan atau menumpuk buku di bawah tempat tidur.

5. Tumpuk buku di balik pintu

Balik pintu juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan buku. Namun, lokasi ini ukurannya cukup sempit. Artinya, Anda dapat membuat rak buku dadakan di tempat yang paling tidak mungkin, seperti beberapa inci di belakang pintu yang jarang terlihat atau digunakan. Anda tidak akan bisa memasukkan volume besar di belakang sana, tapi tetap bisa menumpuk sejumlah buku di balik pintu. Hanya karena Anda kehabisan ruang rak bukan berarti harus melepaskan buku-buku kesayangan. Ide penyimpanan kreatif ini akan memberi Anda semua ruang untuk terus menambahkan koleksi buku. (properti.kompas.com)