Investasi Properti atau Investasi Saham ? Mana yang lebih menguntungkan ?

Bagi investor, ‘mana yang lebih menguntungkan?’ merupakan pertanyaan yang yang harus diperhitungkan sejak awal. Hal tersebut berkaitan dengan budget investor yang akan dialokasikan untuk jenis investasi tertentu.  Kali ini Kita akan melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing investasi properti maupun saham.

Keuntungan Investasi Properti

Kebanyakan orang berpikir tentang Investasi property adalah hanya dengan membeli atau menjual rumah atau apartemen. Rumah dan apartemen adalah properti perumahan. Di sisi lain, ada kategori properti komersial yang mengacu pada properti yang digunakan untuk tujuan komersial seperti kantor, toko, hotel, prabrik dan sebagainya.

Alasan utama yang dianggap menguntungkan oleh kebanyakan orang tertarik pada investasi properti adalah bahwa property merupakan aset berwujud fisik, merupakan salah satu komponen dari kebutuhan primer setiap orang dan harga yang cinderung terus naik.  Bagi Sebagian investor yang sering berhubungan dengan bank, baik untuk menjalan kan usahanya ataupun keperluan lain, property merupakan asset yang paling diterima bank untuk dapat dijadikan sebagai jaminan.

Properti, baik itu perumahan maupun komersial, dapat disewakan untuk orang lain. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulan atau setiap tahun. Anda tidak perlu menunggu hingga bertahun-tahun untuk menikmati peningkatan nilai sebuah properti.

Kekurangan Investasi Saham

Sama seperti investasi properti, investasi saham juga memiliki kekurangan. Saham jauh lebih tidak stabil daripada properti. Meskipun dapat menghasilkan 20% dalam setahun, investor Saham bisa kehilangan sebanyak itu juga atau justru lebih banyak. Lebih lanjut, karena sifat dan kemudahan membeli saham, mudah untuk membuat keputusan emosional dan irasional. Kita harus dapat menjaga kesabaran dan pikiran jika ingin berhasil dalam permainan investasi saham

Silahkan Simpulkan dan Tentukan Pilihan

Sudah melihat perbandingan investasi saham maupun investasi properti. Kini, tiba pada sebuah pertanyaan mana investasi yang lebih baik untuk Kita? Tidak ada jawaban yang bener atau salah karena banyak yang berhubungan dengan kepribadian, preferensi, dan gaya Kita.

Jawaban dari pertanyaan tersebut benar-benar tergantung, seperti biasa, pada tujuan keuangan pribadi dan selera risiko yang sesuai dengan tujuan awal Investor berinvestasi