Istilah Properti yang Harus Dipahami Investor

Backlog

Selisih antara jumlah hunian yang tersedia dengan jumlah hunian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berdasarkan data Kementerian PUPR, backlog perumahan mencapai 7,64 juta unit per awal 2020 yang terdiri atas 1,72 juta unit rumah untuk MBR fixed income, 6,48 juta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) non-fixed income dan 0,56 juta unit rumah untuk non-MBR.

BBN

Bea Balik Nama atau BBN adalah biaya ini dibutuhkan dalam proses mengganti nama kepemilikan suatu properti, biasanya terjadi setelah jual beli properti, dimana kepemilikan suatu properti akan diubah dari nama pemilik ke nama pembeli properti.

Booming

Booming adalah suatu keadaan dimana jenis properti tertentu sedang mengalami lonjakan permintaan dari konsumen sedangkan ketersediaan unit property jauh dibawah jumlah permintaan konsumen. Booming juga turut mempengaruhi kenaikan harga satu jenis properti yang sedang banyak diincar.


BPHTB

Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan merupakan pajak yang dikenakan kepada pembeli properti (tanah, rumah, apartemen, ruko dan lain-lain). BPHTB biasanya muncul pada proses jual beli properti.

BPN

Badan Pertanahan Nasional adalah lembaga pemerintah non kementerian yang mempunyai tugas dibidang pertanahan dengan unit kerjanya, yaitu Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional di tiap-tiap Provinsi, Kabupaten dan Kota yang melakukan pendaftaran hak atas tanah dan pemeliharaan daftar umum pendaftaran tanah.

Broker

Pihak atau orang yang menjembatani antara pembeli/investor dengan penjual. Broker properti mendapat keuntungan dari hasil komisi yang telah disepakati.

Bubble Properti

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi meningkatnya harga properti di suatu kawasan. Peningkatan harga tersebut bahkan cenderung tidak realistis, hal ini disebabkan karena meningkatnya permintaan dan spekulasi.

Bunga Mengambang (Floating rate)

Suku bunga dengan besaran yang berbeda, penentuan suku bunga ini berdasarkan Bank Indonesia.

Bunga Tetap (Fix rate)

Bunga Tetap atau Fixed Rate adalah suku bunga yang bersifat tetap dan tidak berubah sampai jangka waktu atau sampai dengan tanggal jatuh tempo (selama jangka waktu kredit).