Kemampuan yang Harus Dimiliki Investor Properti

tips investor properti

Investasi di bidang property merupakan bisnis dengan prospek cerah dan sangat menguntungan investor properti.  Namun tidak berarti investasi property merupakan bisbis tanpa resiko. Tetap ada potensi resiko di bisnis investasi property, namun resiko tersebut dapat diantispasi dan diminimalisasi sehingga bisnis tetap mengungtungkan.  Berikut ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh oleh investor sehingga investasi property dapat menjadi bisnis yang efektif dan menguntungkan.

Investor Properti Harus Mampu Membuat Perencanaan

Investor property harus bertindak selayaknya pebisnis professional dalam setiap tindakannya untuk menentukan tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang.  Perlu dibuat Business Plan untuk mendapatkan gambaran secara global dan membantu investor untuk tetap focus kepada hal-hal yang dianggap penting. Investasi property bisa merupakan hal yang rumit dan banyak persyaratan, sehingga perlu perencanaan yang baik sehingga investor tetap dalam koridor yang direncanakan.  Sebuah perencaan yang dibuat dapat mengandunug didalamnya tentang estimasi arus keluar masuk kas, perbaikan unit property, perubahan lokasi investasi dan hal lain yang dapat mempengaruhi investasi dari waktu ke waktu.

Investor Properti Harus Pengenal Market

Agar investasi di bidang property berjalan dengan efektif, investor perlu pengenal market yang dipilih secara mendalam, termasuk fokus di lokasi tertentu dan jenis property yang dipilih apakah residensial atau komersial. Investor properti juga harus mengikuti tren yang terjadi di pasar termasuk kebiasaan belanja masyarakat, tingkat pengangguran, rencana pembangunan infrastruktur, perkembangan pembangunan fasilitas umum dan lainnnya sehingga investor dapat membaca peluang dan resiko untuk membuat perencanaan selanjutnya.  Setelah sukses di suatu daerah, investor property dapat mengembangkan investasinya di area lain dengan menggunakan strategi dan pendekatan yang sama atau mirip.

Investor Properti Harus Jujur dan Beretika

Investor property harus mempertahankan standar etika yang tinggi. Karena investasi property tidak hanya berhubungan dengan asset property, tapi juga dengan orang. Sehingga baik buruknya reputasi seorang investor sangat memungkinkan untuk tersebar luas, apalagi jaman sekarang Teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Investor property yang efektif tahu bahwa lebih baik bersikap jujur dengan menjunjung etika , daripada memanfaatkan setiap peluang untuk memperoleh keuntungan semata.

Investor Properti Harus Mampu Mengembangkan Referral

Referral mempunyai peran yang sangat penting dalam bisnis yang sedang dijalankan investor property, sehingga investor perlu menjaga hubungan baik referral.  Mitra bisnis, rekan bisnis, pelanggan, penyewa atau siapapun yang berhubungan dengan dengan bisnis investor dapat berpotensi sebagai referral. Investor property harus menaruh perhatian terhadap keluhan pelanggan baik dalam hal menerima keluhan maupun menindaklanjuti keluhan tersebut.  Reputasi yang baik dari seorang investor akan membuat pihak lain tertaring untuk bekerjasama dengannya.

Investor Properti Harus Terus Belajar

Seorang investor property harus tahu dan mengikuti perkembangan regulasi  maupun aspek hukumy yang berkaitan dengan bisnis property.  Jika ketinggalan Informasi terhadap peraturan dan hukum, seorang investor property tidak hanya beresiko terhadap hilangnya uang dan keuntungan, tetapi juga beresiko terhadap jeratan hukum yang berlaku.

Baca juga : Investor Properti Harus Paham Tentang Jenis Hak Atas Tanah sesuai Undang-Undang